• Hubungi admin support Telepon atau Whatsapp 082133767508 / 081237364201 / 081290691054
Beranda » Blog » PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

Diposting pada 21 Februari 2024 oleh putrasafetymandiri06 / Dilihat: 80 kali / Kategori: ,

 

PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

Pentingnya Peralatan Penunjang Keselamatan Lalu Lintas

Menurut organisasi Kesehatan dunia atau WHO, kecelakaan lalu lintas menempati urutan ke 3 sebagai penyebab utama kematian.  Besarnya jumlah kecelakaan tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kecelakaan yang utama adalah kemampuan dan karakter manusia itu sendiri dalam berkendara. Faktor kedua merupakan prasarana dan lingkungan. Seperti kurangnya alat-alat keselamatan jalan yang di gunakan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dan faktor yang terakhir merupakan kelayakan kendaraan saat di gunakan.

Keselamatan berkendara merupakan yang pertama dan utama. Selain dari kemampuan pengendara yang baik serta kendaraan yang layak pakai. Sarana dan lingkungan yang mendukung juga menjadi bagian penting dalam hal ini. Untuk terciptanya prasarana dan lingkungan yang aman untuk pengendara. Maka di perlukan peralatan keselamatan jalan yang mendukung. Peralatan keselamatan jalan terdiri dari banyak bentuk dan memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya peralatan keselamatan ini memiliki tujuan yang sama guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dengan prasarana dan lingkungan berkendara yang memadai maka dapat tercipta lalu lintas yang aman dan lancar. Selain itu juga lalu lintas menjadi tertib serta kualitas keselamatan berkendara yang tinggi.

Peralatan – Peralatan Penunjang Keselamatan Lalu Lintas

Untuk mendukung upaya pencegahan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Maka di perlukan peralatan penunjang keselamatan lalu lintas. Peralatan yang biasa dan umumnya di gunakan untuk keselamatan jalan antara lain sebagai berikut :

Convex Mirror

Convex Mirror merupakan salah satu alat keselamatan lalu lintas yang memiliki fungsi penting. Cermin cembung ini sendiri  terdiri dari convex mirror outdoor dan convex mirror indoor. Convex mirror outdoor di gunakan atau di pasang pada tikungan jalan dan persimpangan jalan. Tujuannya untuk membantu pengguna jalan melihat dari sudut yang cukup sehingga terhindar dari resiko kecelakaan jalan. Untuk convex mirror outdoor ini memiliki model dengan topi pada bagian atas dan tersedia ukuran 45 cm, 60 cm, 80 cm dan 100 cm. Sedangkan untuk convex mirror indoor biasanya di gunakan pada area parkir dalam ruangan. Sehingga dapat membantu pengendara yang akan keluar maupun memarkirkan kendaraanya dengan aman dan mudah. Untuk convex mirror indoor ini memiliki ukuran 30 cm, 45 cm, 60 cm dan 80 cm. Convex mirror indoor ini memiliki model yang berbeda dengan convex mirror outdoor. Yaitu tidak memiliki topi pada bagian atasnya. Convex mirror terbuat dari material ABS PC Polycarbonate dan di lengkapi bracket.

Speed Hump dan Marka Kejut

Speed hump dan Marka kejut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengurang laju kendaraan yang melintas pada suatu area. Untuk speed hump pada area perumahan maupun tempat umum guna mengurangi laju kendaraan yang melintas. Speed hump di pasang secara horizontal dan pada setiap ujung juga di pasang tutup agar rapi. Tutup tersebut berbentuk setengah lingkaran dan biasa di sebut dengan end cup. Speed hump ini terbuat dari material rubber atau karet keras warna hitam dan kuning.

Sedangkan untuk marka kejut atau biasa di sebut speed hump mini juga terbuat dari karet dengan warna hitam dan kuning. Marka kejut ini di pasang di area yang memiliki jalan lurus. Yang mana pada area tersebut memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Marka kejut ini di pasang secara sejajar tidak seperti speed hump yang di pasang secara horizontal. Tujuan pemasangan marka kejut ini guna meningkatkan kewaspadaan pengendara. Selain itu juga memberikan efek kejut bagi pengendara sehingga terhindar dari rasa ngantuk yang dapat membahayakan pengendara itu sendiri.

Traffic Cone

Traffic cone berupa kerucut marka jalan yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas sementara. Kerucut ini berguna untuk  memberikan petunjuk kepada pengendara di jalan raya. Sehingga arus lalu lintas terjaga tetap aman dan lancar. Traffic cone di gunakan untuk mengatur lalu lintas sementara saat sedang ada perbaikan dan pemeliharaan jalan. Selain untuk mengatur lalu lintas, kerucut ini juga melindungi pekerja yang sedang memperbaiki jalan. Traffic cone memiliki berbagai ukuran atau tinggi yaitu 45 cm, 70 cm, 75 cm dan 90 cm. Terbuat dari material rubber dengan pilihan base merah atau hitam.

Stik Cone

Memiliki fungsi yang sama dengan traffic cone hanya saja untuk alat pengatur lalu lintas ini memiliki bentuk stik plastic dengan base rubber. Stik ini memiliki berbagai ukuran mulai dari 80 cm dan 120 cm dengan warna merah base hitam dan reflective putih.Tinggi 115 cm dengan stik merah base segi 6 warna hitam dan reflective putih juga. Juga tinggi 80 cm dan 110 cm dengan stik warna hitam kuning dan base segi 8. sebagai pengatur lalu lintas sementara juga untuk penanda suatu area tertentu. Seperti di area kontruksi, perbaikan dan pemeliharaan jalan, juga sebagai pengalih lalu lintas sementara. Sehingga sangat membantu pengguna jalan untuk mengarahkan jalan dengan aman. Fungsi lainnya yaitu sebagai tanda bahaya yang dapat di letakan pada area lubang trotoar atau jalan yang rusak. Area Lubang trotoar atau jalan yang rusak berpotensi menimbulkan bahaya jika tidak di ketahui oleh pengguna jalan. Sehingga stik ini akan memberikan tanda bagi pengguna jalan untuk berhati-hati saat melewati area tersebut.

Paku Marka Jalan

Paku marka jalan ini memiliki beberapa model yang sering di gunakan pada jalan raya. Model tersebut antara lain Aluminium stud road, Solar aluminium stud road dan glass stud road atau mata kucing jalan.  Paku mark aini memiliki fungsi untuk mempertegas garis marka pada permukaan jalan. Marka jalan ini akan mempertegas garis pembatas jalan khusunya pada saat malam hari dan cuaca buruk yang memungkinkan garis tidak terlihat. Saat malam hari atau pun cuaca buruk seperti hujan lebat dan berkabut. Penglihatan pengendara akan terganggu sehingga tidak dapat melihat marka jalan pada jalan yang di lintasi. Sehingga jika di pasang paku marka jalan pengedara akan melihat lebih jelas marka atau pembatas jalur sehingga terhindar dari kecelakaan.

Safety Fence Portable

Safety Fence portable atau pagar pembatas jalan ini terbuat dari material plastic PVC yang tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Pagar ini biasanya di gunakan pada jalan untuk pembatas arus, batas area parkir, dan rambu pengguna jalan. Selain itu pagar ini juga bisa di gunakan pada area proyek sebagai pembatas sementara. Pagar pembatas jalan ini memiliki beberapa ukuran yaitu safety fence ukuran 160 x 100 x 41 cm warna kuning dengan base hitam dan di lengkapi slot sirine dan LED. Safety fence lipat inggi 96 cm dan Panjang maksimal 250 cm memiliki warna kuning hitam dengan reflective merah dan putih. Selain itu tersedia juga safety fence lipat dengan  tinggi 120 cm dan Panjang maksimal 200-300 cm. Untuk pagar pembatas jalan ini terbuat dari material fiber plastic. Memiliki warna merah kombinasi putih dan kuning Juga warna hitam kombinasi kuning.

Road Barrier

Road barrier berfungsi untuk mengatur lalu lintas dengan jangka waktu sementara. Selain juga membantu untuk melindungi pengendara, pejalan kaku dan pekerja dari daerah yang berpotensi tinggi akan menimbulkan kecelakaan. Barrier ini dapat di isi dengan air atau pasir sebagai pemberat dan dapat di kosongkan bila akan di pindahkan atau di simpan. Road barrier ini memiliki warna merah dengan reflective hitam kuning yang menyala apabila terkena sorot lampu kendaraan. Terbuat dari material platik HDPE dan memiliki volume 150 liter.

Kami CV. Putra Safety Mandiri merupakan supplier alat keselamatan lalu lintas yang berkualitas dengan harga terjangkau. CV. Putra Safety Mandiri membantu memenuhi kebutuhan road traffic safety masyarakat,  sehingga kami menghadirkan beberapa admin yang bisa diajak berkonsultasi mengenai produk dan kebutuhan alat-alat traffic safety. Kami siap membantu memberikan informasi lebih detail via telepon maupun chat whatsapp.

 

Info detail hubungi :
Whatsapp : 082122767508, 081237364201
Email          : salesputrasafetymandiri@gmail.com, salesputrasafetymandiri2@gmail.com

PUTRA SAFETY MANDIRI

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

PERALATAN PENUNJANG KESELAMATAN LALU LINTAS

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin PSM 2
● online
Admin PSM 3
● online
Admin PSM 2
● online
Halo, perkenalkan saya Admin PSM 2
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Beli
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: